4 Astronot AS dan Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Mulai Jalankan Misi 6 Bulan

Anton Suhartono ยท Selasa, 17 November 2020 - 13:23:00 WIB
4 Astronot AS dan Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Mulai Jalankan Misi 6 Bulan
Kapsul Crew Dragon bernama Resilience merapat ke ISS (Screengrab: NASA TV/AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Pesawat luar angkasa perusahaan Amerika Serikat SpaceX sukses mengantar empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Senin malam waktu AS atau Selasa (17/11/2020) siang WIB.

Kapsul Crew Dragon bernama Resilience yang didesain khusus oleh perusahaan milik miliarder Elon Musk itu merapat ke ISS pada pukul 23.01 waktu AS, membawa tiga astronot AS dan satu dari Jepang.

Ini merupakan misi pertama badan antariksa NASA ke ISS yang menggunakan pesawat produksi sendiri. Selama ini para astronot AS maupun dari negara lain menumpang pesawat Soyuz milik Rusia.

Kapsul Crew Dragon diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 dari Kennedy Space Center di Cave Caneveral, Florida, pada Minggu malam dan menempuh perjalanan selama 27 jam.

ISS merupakan laboratorium internasional yang mengorbit sekitar 400 kilometer di atas Bumi. Keempat astronot akan berada di sana selama 6 bulan untuk melakukan berbagai misi, termasuk penelitian.

Astronot lain yang akan menggantikan mereka juga meluncur dengan kapsul Crew Dragon. Rotasi itu akan berlanjut sampai perusahaan aviasi Boeing bergabung dengan program tersebut dengan membuat pesawat luar angkasa sendiri pada akhir 2021.

Editor : Anton Suhartono