4 Astronot Sipil Pertama SpaceX Kembali ke Bumi Setelah 3 Hari Menjelajah Luar Angkasa

Anton Suhartono · Minggu, 19 September 2021 - 06:15:00 WIB
4 Astronot Sipil Pertama SpaceX Kembali ke Bumi Setelah 3 Hari Menjelajah Luar Angkasa
Empat astronot sipil pertama SpaceX kembali ke Bumi setelah 3 hari menjelajah luar angkasa (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Empat astronot sipil pertama yang terbang ke Orbit Bumi menggunakan pesawat SpaceX, perusahaan eksplorasi luar angkasa yang didirikan Elon Musk, bersiap kembali ke Bumi pada Sabtu (18/9/2021) malam waktu Amerika Serikat. Kapsul yang membawa mereka akan mendarat di Atlantik.

Mereka merupakan bagian dari misi SpaceX Inspiration4 yang berada di luar angkasa selama 3 hari. 

Selama persiapan kembali ke Bumi, pesawat SpaceX Crew Dragon melakukan dua pembakaran roket pada Jumat untuk menurunkan ketinggian serta menyelaraskan lintasan kapsul dengan zona pendaratan.

Sementara itu pada Sabtu pagi, para kru melakukan persiapan terakhir sementara pesawat mengatur kembali posisinya urutan bermanuver secara otonomatis.

Kapsul kemudian memasuki atmosfer untuk mendarat di laut Atlantik, pada saat itu komunikasi kru akan terputus sekitar 7 menit.

SpaceX menyatakan, kapsul yang disebut dengan Resilience itu akan meluncur menggunakan parasut ke laut sekitar pukul 19.00 waktu setempat atau beberapa saat sebelum matahari terbenam. Mereka akan dijemput oleh kapal di lokasi pendaratan.

Misi Inspiration4 meluncur pada Rabu dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, menggunakan roket Falcon 9. Roket itu didesain untuk bisa digunakan berulang kali, tidak meledak di angkasa.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: