4 Tahun Keliling Dunia Pakai Sepeda, Jacky Chen Tempuh 54.000 Km

Anton Suhartono ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 01:04 WIB
4 Tahun Keliling Dunia Pakai Sepeda, Jacky Chen Tempuh 54.000 Km

Jacky Chen tiba di Yerusalem (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Pria asal Taiwan, Jacky Chen, mewujudkan mimpinya berkeliling dunia menggunakan sepeda. Tujuannya hanya untuk melihat keberagaman budaya, pariwasata, serta hal lain dari setiap negara yang dikunjunginya

Dia memulai perjalanan 4 tahun lalu dengan menelusuri daratan Amerika. Chen lalu melanjutkan perjalanan ke Eropa dan belum lama ini roda sepedanya menapaki daratan Timur Tengah, tepatnya di Yerusalem.

Negara terakhir yang dikunjunginya ini merupakan yang ke-64. Dengan demikian, pria 40 tahun itu sudah menempuh perjalanan sejauh 54.000 kilometer. Dia berharap bisa menjelajahi 100 negara dengan jarak 100.000 km sebelum mengakhiri petualangannya 3 tahun mendatang.

Saat diwawancara di Bukit Zaitun dengan latar belakang Masjid Al Aqsa dan Kota Tua, Chen mengaku tak mempelajari daerah yang akan didatangi sebelumnya. Dengan begitu dia bisa merasakan impresi yang dalam atas kekayaan seni, budaya, keindahan, serta peninggalan sejarah di daerah tersebut.

"Kota ini mengejutkan saya. Ini kota besar, tapi bersejarah," kata dia, merujuk pada kota yang menjadi tempat suci bagi umat Islam, Yahudi, dan Kristen itu, dikutip dari AFP, Selasa (11/6/2019).

Lebih lanjut dia berbagi pengalaman suka dan duka menempuh perjalanan dengan menggowes. Rintangan terberatnya adalah menempuh perjalanan di kondisi cuaca bersalju. Hal lain adalah dia terpaksa menempuh perjalanan penuh bahaya di mana banyak dilintasi mobil dan truk.

Di perjalanan dia tidur di tenda atau mencari tempat peristirahatan secara online melalui berbagai aplikasi.

Setelah Yerusalem, dia melanjutkan perjalanan ke Yordania, menyeberang ke Mesir, lalu menggowes bagian timur Afrika. Dia kemudian akan pindah ke Asia untuk menyelesaikan perjalanannya.

Chen bukan orang pertama yang keliling dunia menggunakan sepeda. Pada 2017, pria Skotlandia, Mark Beaumont, mencetak rekor dunia dengan bersepeda keliling dunia hanya dalam 79 hari.

Bedanya dengan Beaumont, Chen tidak mengejar rekor, melainkan lebih memilih berpetualang melihat dunia ketimbang mencari pujian dan gelar.

Editor : Anton Suhartono