4 Wilayahnya Dicaplok Rusia, Begini Komentar Ukraina

Anton Suhartono · Jumat, 30 September 2022 - 22:20:00 WIB
4 Wilayahnya Dicaplok Rusia, Begini Komentar Ukraina
Dmytro Kuleba (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Ukraina tak terpengaruh dengan pencaplokan empat wilayahnya oleh Rusia, Jumat (30/9/2022). Presiden Rusia Vladimir Putin resmi mengumumkan bergabungnya empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan di Twitter, tak ada yang berubah setelah pengumuman Putin tersebut.

“Dengan mencoba mencaplok wilayah Ukraina: Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson, Putin mencoba merebut wilayah yang bahkan secara fisik tidak dia kendalikan,” kata Kuleba, seperti dilaporkan kembali Reuters.

"Tidak ada yang berubah bagi Ukraina. Kami terus membebaskan tanah dan rakyat kami, memulihkan integritas teritorial kami," katanya.

Dalam pidatonya di Kremlin, Putin menegaskan penduduk keempat wilayah kini menjadi bagian dari Rusia.

"Semua orang yang tinggal di Luhansk, Donetsk, wilayah Kherson, dan wilayah Zaporizhzhia menjadi teman senegara kita selamanya," kata Putin.

"Kita akan pertahankan tanah kita dengan segenap kekuatan dan segala cara," ujarnya lagi, seraya menyerukan kepada Ukraina untuk segera menghentikan aksi militer dan kembali ke meja perundingan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda