Putin Teken Dokumen Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina Jumat Besok, Dilanjutkan Pesta 

Anton Suhartono · Kamis, 29 September 2022 - 19:42:00 WIB
Putin Teken Dokumen Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina Jumat Besok, Dilanjutkan Pesta 
Vladimir Putin akan mengumumkan bergabungnya 4 wilayah Ukraina (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menandatangani dokumen serta mengumumkan bergabungnya empat wilayah Ukraina pada Jumat (30/9/2022). Pengumuman bergabungnya Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia, itu akan disampaikan di Istana Kremlin.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, seremoni akan berlangsung pukul 15.00 waktu setempat di Aula St George (Georgievsky). Pada kesempatan itu Putin akan menandatangani perjanjian tentang aksesi wilayah baru ke Federasi Rusia.

Perjanjian itu juga akan diteken oleh perwakilan dari keempat wilayah yang menggelar referendum serta mengajukan permintaan bergabung kepada pihak Rusia.

Setelah seremoni penandatanganan, kata Peskov, Putin akan menyampaikan pidato dilanjutkan pertemuan dengan para pejabat dari keempat wilayah.

Proses penggabungan belum selesai, beberapa hari kemudian Putin dijadwalkan menyampaikan pidato di parlemen disertai penandantangan oleh majelis tinggi.

Sementara itu pesta perayaan digelar dengan konser musik di Lapangan Merah pada Jumat malam. Namun Peskov belum memastikan apakah Putin akan hadir dalam perayaan tersebut atau tidak.

Ukraina dan negara-negara Barat menolak referendum empat wilayah Ukraina dengan menyebutnya palsu. Referendum itu dianggap sebagai upaya Rusia untuk mencaplok wilayah Ukraina setelah melakukannya terhadap Semenanjung Krema pada 2014.

Dengan mencaplok empat wilayah yang memenuhi 15 persen dari total luas keseluruhan Ukraina itu, Rusia semakin leluasa masuk lebih dalam ke negara tetangganya itu. Putin bisa leluasa mengerahkan pasukan dan persenjataan ke empat wilayah, bahkan memasang senjata nuklir. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda