5 Aksi Brutal KKB, Bunuh Ratusan Orang dalam Sehari

Anton Suhartono ยท Sabtu, 19 Juni 2021 - 08:55:00 WIB
5 Aksi Brutal KKB, Bunuh Ratusan Orang dalam Sehari
Aksi KKB di beberapa negara Afrika semakin brutal, mereka membunuh warga desa dan menculik siswa (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Afrika dalam beberapa bulan terakhir sangat brutal. Motif serangan yang menewaskan ratusan orang, bukan sekadar berlatar belakang terorisme, namun konflik lahan, meminta uang tebusan, dan lainnya.

Nigeria merupakan negara dengan kasus kejahatan melibatkan KKB paling dominan di Afrika Barat.

Serangan KKB di Nigeria hingga telah membunuh lebih dari 200 orang dalam beberapa pekan terakhir. Selain warga sipil, polisi juga menjadi sasaran serangan. 

Berikut beberapa serangan brutal KKB di Nigeria dan negara lain:

1. Pembantaian di Kebbi

Salah satu serangan terkeji terjadi di Negara Bagian Kebbi pada 3 Juni, sebanyak 88 orang dibunuh. Para pelaku juga menyerang peternakan dan menghancurkan lahan pertanian. 

2. Pembunuhan Petani di Zamfara

Beberapa hari sebelum pembantaian di Kebbi, KKB membunuh setidaknya 41 petani di Zamfara. Peristiwa itu terjadi hanya 4 hari setelah kelompok ini juga membunuh 17 petani di negara bagian yang sama.

Organisasi kemanusiaan Doctors Without Borders menyatakan, gelombang kekerasan menyebabkan banyak warga terpaksa meninggalkan rumah, lahan pertanian, dan hwean gembalaan mereka untuk menghindari kekerasan. 

Motif serangan ini umumnya karena sengketa lahan atau sebagai pembalasan kepada warga karena dituduh melaporkan posisi mereka ke pasukan keamanan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3