5 Pasukan Elite Kuno yang Melegenda, Bhayangkara Majapahit Ternyata Pernah Taklukkan Tartar Mongol

Ajeng Wirachmi ยท Selasa, 22 Februari 2022 - 15:50:00 WIB
5 Pasukan Elite Kuno yang Melegenda, Bhayangkara Majapahit Ternyata Pernah Taklukkan Tartar Mongol
Pasukan elite kuno yang melegenda, salah satunya Bhayangkara yang dipimpin langsung Gajah Mada (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pasukan elite kuno yang melegenda bukan hanya ada di luar negeri, tapi juga di Nusantara. Pasukan khusus ini dibentuk untuk menjalankan misi militer non-konvensional. 

Oleh karena itu bukan prajurit sembarang yang bisa menjadi personel pasukan elite. Mereka harus menjalani seleksi sangat berat dan tentunya memiliki loyalitas yang tinggi.

Pasukan elite juga dibekali dengan keterampilan khusus serta persenjataan memadai guna menunjang keberhasilan misi. Tentu saja, peralatan yang mereka gunakan sesuai dengan perkembangan teknologi di zamannya serta kebutuhan di medan.

Berikut 5 pasukan elite kuno yang melegenda:

1. Pasukan Bhayangkara (Kerajaan Majapahit)

Kerajaan Majapahit memiliki pasukan elite bernama Bhayangkara yang dinakhodai langsung Gajah Mada. Pasukan ini sangat berambisi menaklukkan seluruh wilayah Nusantara. Dalam jurnal berjudul ‘Bhayangkara (Tafsir Visual Peristiwa Sejarah Perang Bubat)’ disebutkan hampir seluruh kerajaan kecil di Asia berhasil ditaklukkan Majapahit oleh pasukan ini.

Salah satu peran pasukan Bhayangkara yang fenomenal dan terukir dalam sejarah adalah memberangus pemberontakan Ra Kuti pada 1319. Kala itu Majapahit dipimpin oleh Jayanegara.

Selain melibatkan Ra Kuti, pemberontakan ini juga dilakukan pasukan Majapahit lain bernama Dharmaputra Winehsuka. Awalnya Ra Kuti beserta bala tentara berhasil menekan Gajah Mada serta pasukan Bhayangkara. Namun kemudian mereka dipukul mundur bahkan Ra Kuti terbunuh hingga menghentikan pemberontakan. 

Bhayangkara milik Majapahit kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda