6 Gunung di Dunia yang Meletus Tak Terduga Sebabkan Korban Jiwa

Anton Suhartono ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:12 WIB
6 Gunung di Dunia yang Meletus Tak Terduga Sebabkan Korban Jiwa

Gunung di White Island, Selandia Baru, meletus saat 47 turis mancanegara sedang berwisata di sana (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Letusan gunung di White Island, Selandia Baru, pada Senin (9/12/2019), sejauh ini menewaskan 14 orang turis dan dua lainnya hilang. Ini menjadi pelajaran bahwa erupsi gunung bisa terjadi kapan saja tanpa diduga.

Saat letusan terjadi ada 47 turis dari berbabagai negara yang mengunjungi White Island, pulau yang sejatinya merupakan puncak dari gunung bawah laut.

Para peneliti hanya bisa mengetahui adanya kenaikan aktivitas vulkanik pada gunung, namun tak bisa memastikan kapan waktunya meletus.

Saat ini ada sekitar 1.500 gunung berapi aktif di Bumi yang bisa meletus kapan saja. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, lebih dari setengah dari gunung itu berada di enam negara, yakni AS, Rusia, Indonesia, Islandia, Jepang, dan Cile.

Berikut enam gunung di dunia yang meletus di luar dugaan, seperti dikutip dari Associated Press:

1. Anak Krakatau

Gunung yang terbentuk dari letusan Gunung Krakatau pada 1883 ini meletus pada 22 Desember 2018. Korban jiwa yang jatuh memang bukan akibat langsung dari letusan, melainkan karena gelombang tsunami yang dipicu longsoran gunung.

Gelombang tsunami yang tercipta mencapai 5 - 13 meter merenggut lebih dari 420 nyawa. Peristiwa ini terjadi di akhir tahun saat banyak keluarga yang sedang berlibur di kawasan pantai Provinsi Banten.

2. Gunung Volcan Del Fuego

Dahsyatnya letusan Gunung Volcan Del Fuego di Guatemala pada 3 Juni 2018 sampai mengubur perkampungan San Miguel Los Lotes dengan abu dan lumpur.

Lahar panas dengan suhu mencapai 700 derajat Celsus mengalir bak sungai di perkampungan warga. Musibah ini merenggut lebih dari 200 nyawa.

3. Gunung Ontake

Gunung Ontake di Pulau Honshu sekitar 100 kilometer dari Nagoya meletus pada 27 September 2014, menewaskan 47 orang.

Para korban merupakan pendaki yang sedang beristirahat setelah turun dari puncak. Mereka terkena lontaran batu dari udara serta terpapar udara dan debu yang sangat panas. Tak ada peringatan sebelumnya bahwa gunung setinggi 3.076 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu akan meletus.

4. Gunung Nevado del Ruiz

Gunung di Kolombia ini meletus pada 1985 menewaskan sekitar 25.000 orang, salah satu musibah letusan paling mematikan di Amerika.

Sebagian dari korban tertimbun longsoran tebing setinggi 45 meter yang ambruk menimpa permukiman.

5. Gunung Kilauea

Gunung di Hawaii, Amerika Serikat, terkenal dengan lahar panas yang membara saat meletus. Tumpahan lahar bahkan sampai masuk pekarangan dan dalam rumah warga.

Letusan pada 1790 merupakan salah satu yang terparah di mana lebih dari 400 orang tewas. Saat itu banyak warga yang sedang berada di kaldera menyaksikan pemandangan alam.

6. Gunung di White Island

Musibah di White Island, Selandia Baru, merupakan yang terbaru, di mana gunung yang 70 persen tubuhnya berada di bawah laut itu meletus tiba-tiba pada Senin (9/12/2019) pukul 14.11 waktu setempat. Saat itu ada sekitar 50 turis yang berada di lokasi untuk menikmati eksotisme pemandangan.

Sekitar delapan orang berada di dekat kawah saat tiba-tiba abu vulkanik dimuntahkan dari perut gunung disertai lontaran bebatuan.

Para korban mengalami luka bakar parah, di mana kulit mereka terkelupas meski tertutup pakaian. Saat ini ada 27 korban luka yang dirawat, 21 di antaranya dalam kondisi kritis.

Editor : Anton Suhartono