6 Tahanan Bobol Penjara Angker Israel, Sendok Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina

Anton Suhartono ยท Minggu, 19 September 2021 - 08:51:00 WIB
6 Tahanan Bobol Penjara Angker Israel, Sendok Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina
Sendok kini menjadi simbol baru perlawanan Palestina terhadap Israel (Foto: Reuters)

YERUSALEM, iNews.id - Sendok kini menjadi simbol baru perlawanan Palestina atas Israel, di samping bendera. Ini tak lepas dari kaburnya enam tahanan Palestina dari penjara tingkat keamanan tinggi Israel salah satunya berbekal sendok. Kesemua tahanan tersebut telah ditangkap kembali.

Kaburnya enam tahanan yang merupakan anggota faksi Jihad Islam pada 6 September itu merupakan pembobolan penjara Israel paling spektakuler. Pasalnya penjara Gilboa di Jenin dikenal angker karena penjagaannya yang superketat.

Mereka kabur dengan menggali lubang di bawah wastafel dengan tekun setiap hari. Foto lubang yang mereka gali beredar di media sosial hingga menjadi viral.

Sejak itu tanda pagar sendok ajaib menjadi trending. Namun apakah para tahanan itu berhasil kabur hanya mengandalkan sendok, ternyata tidak.

Roslan Mahajana, pengacara tahanan bernama Mahmud Abdullah Ardah, seperti dikutip dari AFP, Minggu (19/9/2021), mengatakan, kliennya menggali tanah di lantai penjara menggunakan sendok, piring, bahkan gagang ketel air. Ardah dan teman-temannya mulai menggali sejak Desember 2020.

Mereka ditangkap kembali secara bertahap setelah militer Israel mengerahkan pasukan untuk operasi perburuan besar-besaran, termasuk di Tepi Barat. Dua tahanan terakhir ditangkap pada Minggu (19/9/2021) dini hari.

Keenamnya ditangkap atas tuduhan merencanakan atau melakukan serangan terhadap Israel.

Sementara itu Israel juga menggelar penyelidikan atas kelalaian petugas yang menyebabkan insiden memalukan tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: