Ahli Nuklir Dibunuh, Penglima Militer Iran Siapkan Aksi Balas Dendam

Djairan ยท Sabtu, 28 November 2020 - 01:10:00 WIB
Ahli Nuklir Dibunuh, Penglima Militer Iran Siapkan Aksi Balas Dendam
Panglima Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Bagheri. (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Iran bereaksi keras atas kematian Mohsen Fakhrizadeh. Iran mengendus keterlibatan Israel dalam serangan mematikan terhadap ilmuwan nuklirnya tersebut.

Panglima militer Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri mengingatkan pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut akan menerima konsekuensinya.

"Kelompok teroris, para pemimpinnya, dan pelaku dari upaya pengecut ini harus tahu bahwa aksi balas dendam tengah menanti mereka," ujar Bagheri dikutip dari AFP, Sabtu (28/11/2020).

Dia mengatakan, kematian Mohsen merupakan pukulan telak dan berat bagi Iran. "Kami yakinkan bahwa kami tidak akan berhenti sampai kami berhasil mengejar dan menghukum mereka yang terlibat," katanya.

Mohsen tiba-tiba diserang peluru dan bom oleh kelompok bersenjata di Damavand, dekat ibu kota Iran, Teheran. Aksi tembak-tembakan sempat terjadi antara pelaku dan tim keamanan Mohsen.

Kepala Program Nuklir Iran itu mengalami cedera serius atas kejadian tersebut. Nyawanya tak terselamatkan saat di rumah sakit. Iran menyebut Mohsen sebagai martir.

Editor : Rahmat Fiansyah