Akhirnya Ban Mobil Terjebak di Leher Rusa Dilepas Setelah 2 Tahun

Salsabila Nur Rizki ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 14:10:00 WIB
Akhirnya Ban Mobil Terjebak di Leher Rusa Dilepas Setelah 2 Tahun
Rusa besar atau elk berkalung ban mobil di Colorado, AS akhirnya bebas setelah penderitaan selama 2 tahun (Foto: The Drive)

COLORADO, iNews.id - Bukan hanya Indonesia, hewan berkalung ban juga ada di Amerika Serikat (AS). Seekor rusa liar atau elk di Colorado harus mengalami penderitaan panjang, ban mobil tersangkut di lehernya selama 2 tahun. 

Namun penderitaan rusa itu berakhir setelah petugas satwa liar setempat melepas ban, meski harus memotong tanduknya.

Elk merupakan salah satu spesies rusa besar yang hidup di hutan Amerika Utara. Rusa yang kini berusia 4,5 tahun itu pertama kali terlihat sudah berkalung ban oleh petugas saat melakukan survei alam liar di dekat Gunung Evans. Sejak itu keberadaannya tak diketahui. Upaya pencarian selama ini tak kunjung berhasil.

Rusa berbobot 270 kg itu akhirnya ditemukan setelah beberapa tahun pencarian dan pelacakan di alam liar Colorado. 

Percobaan pelepasan ban di leher dilakukan oleh petugas dengan membiusnya terlebih dulu. Pelepasan ban secara normal tak bisa dilakukan karena terhalang tanduk. Diyakini ban itu melingkar di leher saat tanduk rusa masih kecil. Kelamaan ban terjebak karena tanduk semakin panjang.

Kemudian petugas mencoba memotong ban tersebut menggunakan peralatan yang ada namun gagal karena terlalu keras dan khawatir menyakiti leher hewan tersebut. Akhirnya petugas memutuskan memotong tanduk.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: