Akhirnya, Kiriman Pertama Sistem Rudal S-400 Rusia Tiba di Turki

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 15:37 WIB
Akhirnya, Kiriman Pertama Sistem Rudal S-400 Rusia Tiba di Turki

Sistem rudal s-400 Rusia. (FOTO: AFP)

ISTANBUL, iNews.id - Turki akhirnya menerima kiriman pertama dari sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia, Jumat (12/7/2019). Hal itu diungkapkan kementerian pertahanan Turki, setelah sebelumnya pembelian rudal itu menyebabkan ketegangan dalam hubungan dengan sekutu NATO mereka, Amerika Serikat (AS).

"Pengiriman dari kiriman pertama bagian-bagian sistem pertahanan rudal udara jarak jauh S-400 dimulai pada 12 Juli 2019 ke pangkalan udara Murted di Ankara," bunyi pernyataan kementerian itu, seperti dilaporkan AFP.

BACA JUGA: Erdogan: Sistem Rudal S-400 Rusia Dikirim ke Turki dalam 10 Hari

Sebelumnya, pada 1 Juli 2019, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pengiriman pertama sistem pertahanan rudal S-400 Rusia ke Turki akan berlangsung dalam waktu 10 hari.

Dia menyebut hal itu sehari setelah mengklaim Presiden Donald Trump menjamin AS tidak akan menjatuhkan sanksi kepada Turki terkait pembelian senjata pertahanan Rusia tersebut.

BACA JUGA: Meski Beli Rudal S-400 Rusia, Erdogan Yakin Turki Tak Akan Dijatuhi Sanski AS

Turki dan AS—sekutu dalam keanggotaan NATO—berselisih terkait keputusan Turki membeli S-400 Rusia. AS memperingatkan akan menjatuhkan sanksi jika pengiriman sistem rudal itu dilakukan.

Turki menentang peringatan tersebut dan menegaskan kesepakatan pembelian tidak akan dibatalkan.

BACA JUGA: Abaikan Ancaman AS, Rusia Mulai Kirim Sistem Rudal S-400 ke Turki

AS menyatakan sistem S-400 akan menjadi 'pesaing' jet tempur Lockheed Martin Corp F-35, di mana Turki merupakan produsen dan pembeli.

AS juga secara resmi memulai proses pembatalan pengiriman program F-35 ke Turki dan dan menghentikan laithan pilot Turki di AS.

BACA JUGA: Pujian Rusia ke Erdogan karena Nekat Beli Rudal S-400 meski Ditekan AS

Namun, pada Sabtu (29/6/2019), Erdogan mengklaim Trump mengatakan kepadanya bahwa tidak akan ada sanksi atas kesepakatan Turki dan Rusia soal pembelian S-400.


Editor : Nathania Riris Michico