Aktivis Kembali Terbangkan Balon Berisi Propaganda Anti-Pyongyang ke Korut

Umaya Khusniah · Minggu, 02 Oktober 2022 - 21:27:00 WIB
Aktivis Kembali Terbangkan Balon Berisi Propaganda Anti-Pyongyang ke Korut
Kelompok aktivis di Korea Selatan (Korsel) bentrok dengan polisi saat menerbangkan balon bermaterikan anti-Pyongyang. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Kelompok aktivis di Korea Selatan (Korsel) bentrok dengan polisi saat menerbangkan balon bermaterikan anti-Pyongyang. Pemerintah Korsel mengatakan Korea Utara (Korut) mengancam akan melancarkan pembalasan yang mematikan.

Park Sang-hak, seorang pembelot Korut yang menjadi aktivis mengatakan, kelompoknya telah meluncurkan sekitar delapan balon dari sebuah daerah di kota perbatasan Korsel, Paju pada Sabtu (1/10/2022) malam. Kemudian, polisi tiba di tempat kejadian dan mencegah mereka menerbangkan 12 balon yang tersisa.

Polisi menyita beberapa barang mereka. Park Sang-hak dan tiga anggota kelompok ditahan karena sempat bentrok ringan dengan petugas. Setelah diinterogasi, keempat orang itu akhirnya dilepaskan. 

Pejabat di kepolisian Paju dan badan kepolisian Provinsi Gyeonggi utara tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Minggu.

"Balon yang diterbangkan ke Korut membawa masker, Tylenol dan tablet Vitamin C bersama dengan materi propaganda, termasuk buklet yang memuji kekayaan ekonomi Korsel. Ada juga ratusan USB yang berisi video anggota Kongres AS yang mencela catatan hak asasi manusia Korut," kata Park.

Salah satu balon membawa plakat bertuliskan “Seluruh umat manusia mencela Kim Jong Un yang mengancam akan menyerang (Korea Selatan) terlebih dahulu dengan rudal nuklir”.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda