Alibaba Diguncang Skandal Pelecehan Seksual Bos terhadap Karyawan

Umaya Khusniah ยท Minggu, 08 Agustus 2021 - 14:54:00 WIB
Alibaba Diguncang Skandal Pelecehan Seksual Bos terhadap Karyawan
Logo Alibaba Group terlihat di kantornya di Beijing. (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.id - Raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding Ltd memecat beberapa staf terkait tuduhan karyawan yang mengaku mengalami pelecehan seksual oleh bos dan kliennya. Manajemen Alibaba juga langsung membentuk satuan tugas internal untuk menyelidiki kasus ini. 

"Alibaba Group tak memberi toleransi terhadap pelanggaran seksual. Kami memastikan tempat kerja yang aman untuk semua karyawan. Hal itu prioritas utama Alibaba," kata juru bicara Alibaba, Minggu (8/8/2021) seperti dikutip Reuters. 

Skandal ini mencuat setelah seorang karyawan wanita menuliskan kisah yang dialami di situs web microblogging China, Weibo. Korban menuliskan kisah yang dialami dalam 11 halaman PDF. 

Dalam akunnya, korban yang identitasnya tak diungkapkan mengatakan, bosnya memaksa melakukan perjalanan bisnis dengannya. Mereka akan bertemu dengan salah satu klien timnya di kota Jinan, sekitar 900 kilometer (560 mil) dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou.

Ceritanya, pada Selasa (27/7/2021), klien mencium korban. Setelah mengonsumsi alkohol, korban terbangun di kamar hotel keesokan harinya dengan pakaian yang dilepas. Dia juga tidak ingat apa yang terjadi malam sebelumnya.

"Dari rekaman CCTV hotel, bos memasuki kamar empat kali sepanjang malam," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: