Amerika Serikat Mulai Gerah Turki Jual Drone Tempur ke Ethiopia

Anton Suhartono ยท Rabu, 22 Desember 2021 - 20:32:00 WIB
Amerika Serikat Mulai Gerah Turki Jual Drone Tempur ke Ethiopia
Amerika Serikat mulai gerah Turki jual drone tempur ke Ethiopia (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Amerika Serikat (AS) tampaknya mulai gerah dengan keputusan Turki menjual drone tempur ke Ethiopia. Dua sumber pejabat AS yang mengetahui masalah ini mengungkap ada banyak bukti pasukan pemerintah Ethiopia menggunakan drone itu untuk melawan pemberontak.

Seorang pejabat mengatakan, AS memiliki keprihatinan kemanusiaan yang dalam atas penjualan drone itu karena berpotensi melanggar pembatasan yang diberlakukan AS terhadap Ethiopia.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, keprihatinan soal penggunaan drone ini sudah disampaikan utusan untuk Ethiopia, Jeffrey Feltman, saat berkunjung ke Turki pekan lalu. Dia mengangkat laporan soal penggunaan drone oleh Ethiopia yang berisiko menimbulkan korban di pihak sipil.

Seorang pejabat senior Turki juga mengonfirmasi, AS menyampaikan ketidaknyamanannya soal drone ini dalam beberapa kesempatan pertemuan. 

Kementerian Luar Negeri Turki mendalami bagaimana penjualan drone bisa berdampak pada kebijakan luar negeri AS sebagai bagian dari perencanaan anggaran 2022. Namun dia menegaskan sejauh ini tak ada rencana yang berubah.

"Amerika Serikat telah menyampaikan ketidaknyamanannya dengan penjualan drone Turki, tapi Turki akan terus mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan dalam bidang ini," pejabat itu, dikutip dari Reuters, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu militer dan pemerintah Ethiopia tidak menanggapi permintaan komentar.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda