Ancaman China Makin Parah, Taiwan Bakal Tambah Belanja Pertahanan Rp123,4 Triliun

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 16 September 2021 - 11:52:00 WIB
Ancaman China Makin Parah, Taiwan Bakal Tambah Belanja Pertahanan Rp123,4 Triliun
Taiwan akan menyerahkan daftar senjata yang dibutuhkan untuk menangkal ancaman China kepada Amerika Serikat. AS selama ini menjadi pemasok terbesar persenjataan Taiwan. (Foto: AP)

TAIPEI, iNews.id - Pemerintah Taiwan pada Kamis (16/9/2021) ini mengusulkan anggaran tambahan untuk belanja pertahanan selama lima tahun ke depan sebesar 240 miliar dolar Taiwan (Rp123,4 triliun). Anggaran tersebut mencakup pembelian rudal baru, sebagai kebutuhan mendesak untuk meningkatkan alutsista mereka dalam menghadapi ancaman dari China.

Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, telah menjadikan modernisasi angkatan bersenjata dan peningkatan belanja pertahanan sebagai prioritas progranm pemerintahnya. Apalagi, belakangan ini China semakin meningkatkan tekanan militer dan diplomatiknya terhadap negara pulau itu. Selama ini Taiwan selalu diklaim Beijing sebagai bagian dari China.

“Komunis China terus berinvestasi besar-besaran dalam anggaran pertahanan nasionalnya. Kekuatan militernya telah berkembang pesat, dan sudah terlalu sering mengirim pesawat dan kapal untuk menyerang dan mengganggu laut dan wilayah udara kita,” ungkap Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataan resmi yang dikutip Reuters, hari ini.

“Dalam menghadapi ancaman parah dari musuh (China), militer negara secara aktif terlibat dalam pembangunan militer dan tugas persiapan, juga sangat mendesak bagi kita untuk memperoleh senjata dan peralatan produksi massal yang matang dan cepat dalam waktu singkat,” kata Kemhan Taiwan.

Dengan tambahan anggaran pertahanan, Taiwan berencana membeli sejumlah senjata baru, termasuk rudal jelajah dan kapal perang. Sebelumnya, Taiwan telah menguji coba rudal jarak jauh baru di lepas pantai selatan dan timurnya. Meski belum ada perincian terkait hasil uji coba itu, para diplomat dan ahli mengatakan, rudal itu kemungkinan dapat mencapai target jauh ke wilayah China.

Tambahan anggaran belanja militer Taiwan tersebut kemungkinan besar bakal diterima dengan baik di Amerika Serikat. Apalagi, Washington DC sebelumnya kerap mendorong Taiwan untuk memodernisasi militernya agar lebih dinamis, sehingga sulit diserang China.

Saat ini, Taiwan telah menggunakan kapal perang siluman kelas baru yang sangat gesit yang mereka sebut “pembunuh kapal induk” karena pelengkap misilnya. Selain itu, Taiwan juga sedang mengembangkan kapal selam sendiri.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel: