Angkatan Laut Inggris Sita Senjata Selundupan Buatan Iran di Perairan Internasional

Umaya Khusniah ยท Jumat, 08 Juli 2022 - 15:10:00 WIB
Angkatan Laut Inggris Sita Senjata Selundupan Buatan Iran di Perairan Internasional
Angkatan Laut Kerajaan Inggris. (Foto: Doc Reuters)

RIYADH, iNews.id - Angkatan Laut Kerajaan Inggris menyatakan, salah satu kapal peranganya telah menyita senjata Iran dari para penyelundup. Pelaku ditangkap saat berada di perairan internasional selatan Iran awal tahun ini. 

Angkatan Laut Kerajaan menyampaikan informasi ini pada Kamis (8/7/2022). Sebuah helikopter dari fregat HMS Montrose melihat speedboat bergerak menjauh dari pantai Iran pada 28 Januari dan 25 Februari. 

Puluhan paket berisi persenjataan canggih disita dan dikembalikan ke Inggris untuk analisis teknis. Hasilnya, paket sitaan itu tersebut berisi beberapa mesin roket Iran yang menghasilkan 351 rudal jelajah serangan darat dan 358 rudal permukaan-ke-udara. 

Dilansir dari Reuters, rudal jelajah 351 dengan jangkauan 1.000 km sering digunakan oleh kelompok Houthi Yaman untuk menargetkan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Angkatan Laut Kerajaan menambahkan, kapal perusak Angkatan Laut AS, USS Gridley mendukung penyitaan pada Februari. Kedua penyitaan itu terjadi saat HMS Montrose melakukan operasi keamanan maritim rutin.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda