Antisipasi Serangan Rusia, Finlandia Gelar Latihan Perang Tutup Jalan Raya untuk Jet Tempur

Anton Suhartono ยท Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:55:00 WIB
Antisipasi Serangan Rusia, Finlandia Gelar Latihan Perang Tutup Jalan Raya untuk Jet Tempur
Finlandia menggelar latihan perang AU, menutup jalan raya utama untuk pendaratan jet-jet tempur (Foto: Reuters)

HELSINKI, iNews.id - Finlandia menggelar latihan perang selama sepekan pada September. Jalan utama penghubung wilayah akan ditutup selama sepekan untuk tempat pendaratan jet-jet tempur.

Jalan tersebut akan digunakan sebagai lokasi lepas landas dan mendarat jet tempur. Lokasi itu memang didesain sebagai pangkalan darurat bagi Angkatan Udara, sehingga sehingga tak ada masalah dengan keamanannya untuk digunakan pesawat militer.

"Angkatan Udara secara rutin berlatih menggunakan tempat-tempat di luar pangkalan agar bisa menyebar pesawat dengan cepat ke seluruh wilayah jika perlu," bunyi pernyataan Akademi Angkatan Udara Finlandia, Selasa (30/8/2022), dikutip dari Reuters.

Finlandia mengingkatkan latihan militer dalam beberapa bulan terakhir terkait konflik negara tetangganya, Ukraina

Negara yang mengajukan keanggotaan NATO itu mempersiapkan militernya untuk mengantisipasi menjadi target serangan Rusia selanjutnya.

Finlandia menyulap jalan-jalan raya di penjuru negeri itu menjadi tempar pendaratan darurat untuk pesawat militer pada 1960-an dan 1970-an. Namun untuk latihan di jalan utama Selatan-Utara belum pernah dilakukan sejak puluhan tahun karena lalu lintasnya yang padat.

Penutupan jalan arteri E75 sepanjang 4,5 kilometer itu akan berdampak pada sekitar 7.000 kendaaan per jam.

Sementara itu latihan perang akan melibatkan jet tempur F/A-18 Hornet, pesawat latih Hawk Mk 51, dan pesawat militer lainnya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda