Antony Blinken Sah Jadi Menlu AS, Siap Perberat Sanksi Turki terkait Pembelian Senjata Rusia

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 15:45:00 WIB
Antony Blinken Sah Jadi Menlu AS, Siap Perberat Sanksi Turki terkait Pembelian Senjata Rusia
Menlu AS Antony Blinken. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Senat AS pada Selasa (26/1/2021) waktu Washington DC mengesahkan Antony Blinken sebagai menteri luar negeri. Sebanyak 78 dari total 100 anggota Senat mendukung penunjukan Blinken oleh Presiden Joe Biden.

Blinken adalah orang lama kepercayaan Biden. Dia terakhir menjabat sebagai wakil menteri luar negeri pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama, ketika Biden menjadi wakil presiden.

Pada sidang uji kelayakan dan kepatutan oleh Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS minggu lalu, Blinken berjanji untuk bekerja sama lebih dekat dengan para sekutu AS. Komitmen tersebut sebagai antitesis dari pendekatan “America First” yang diterapkan mantan Presiden Donald Trump dalam kebijakan luar negeri AS.

Blinken mengatakan, dia akan bekerja untuk merevitalisasi diplomasi Amerika yang rusak dan membangun front persatuan untuk melawan tantangan yang ditimbulkan oleh Rusia, China, dan Iran.

Blinken juga pernah mengungkapkan pandangannya soal kemungkinan untuk memperberat sanksi terhadap Turki atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. Bagi dia, meski sama-sama anggota NATO, tindakan Turki itu tidak menunjukkan sikap layaknya sekutu Amerika Serikat.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2