Arab Saudi Cegat Rudal di Langit Riyadh, Diduga Serangan Pemberontak Houthi

Anton Suhartono ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 08:25 WIB
Arab Saudi Cegat Rudal di Langit Riyadh, Diduga Serangan Pemberontak Houthi

Arab Saudi mencegat 3 rudal di langit Riyadh (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi berhasil mencegat beberapa rudal yang melintas di langit Riyadh dan provinsi lain, Sabtu (28/3/2020) malam.

Sejauh ini belum ada pihak yang bertanggung jawab, namun pemberontak Houthi yang didukung Iran kerap melancarkan serangan rudal dan drone ke Saudi.

Sedikitnya terdengar tiga ledakan di langit Ibu Kota Arab Saudi itu beberapa saat sebelum pergantian hari, saat kota sedang memberlakukan jam malam untuk menekan penyebaran virus corona.

“Rudal balistik dicegat dan dihancurkan di Riyadh,” demikian laporan stasiun televisi pemerintah, Al Ekhbariya, mengutip pernyataan pasukan koalisi militer pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak Yaman, seperti dilaporkan kembali AFP, Minggu (29/3/2020).

Ini merupakan serangan besar pertama sejak pemberontak Houthi menawarkan penghentian pengeboman pascaserangan terhadap dua fasilitas minyak Aramco.

Televisi Al Arabiya melaporkan ada dua rudal yang dicegat di langit Riyadh dan rudal ketiga ditembak jatuh di Provinsi Jizan.

Serangan ini berlangsung setelah semua pihak yang bertikai dalam konflik Yaman mendukung seruan PBB untuk melakukan gencatan senjata demi melindungi warga sipil dari dampak pandemi Covid-19.

Arab Saudi, pemerintah Yaman, serta para pemberontak, menyambut usulan gencatan senjata yang disampaikan Sekjen PBB Antonio Guterres pada Kamis lalu.

Seruan itu bertepatan dengan tahun kelima serangan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi dengan tujuan mengembalikan pemerintahan sah yang dikudeta.

Editor : Anton Suhartono