Arab Saudi Minta Semua Negara Pastikan Jemaah Haji dan Umrah Sudah Divaksin Covid

Anton Suhartono ยท Rabu, 31 Maret 2021 - 13:25:00 WIB
Arab Saudi Minta Semua Negara Pastikan Jemaah Haji dan Umrah Sudah Divaksin Covid
Arab Saudi siapkan standar untuk memastikan setiap jemaah haji dan umrah asing yang masuk perbatasan sudah mendapatkan vaksin (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi akan memperkenalkan standar proses otentifikasi vaksin Covid-19 bagi semua negara terkait pelaksanaan haji serta umrah tahun ini.

Sebelumnya pemerintah Saudi mengumumkan hanya mereka yang disuntik vaksin Covid-19 boleh malaksanakan haji dan umrah, termasuk berziarah ke Kota Madinah.

Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Hani Jokhdar mengatakan, pemerintah Saudi berharap semua negara memiliki kode otentikasi resmi untuk mengidentifikasi calon jemaah yang telah mendapatkan vaksin. 

Dia mencontohkan setiap warga Saudi yang telah divaksin memiliki kode QR sehingga mudah diketahui ke mana saja mereka pergi.

“Kita ingin semua negara memiliki proses otentikasi vaksin yang resmi. Di Arab Saudi, siapa pun yang disuntik akan mendapatkan kode respons cepat (QR) yang mengonfirmasi bahwa dia telah mendapatkan vaksin,” katanya, dikutip dari Saudi Gazette, Rabu (31/3/201).

Menurut dia, semua negara yang mengirim jemaah haji dan umrah harus memiliki proses otentifikasi resmi yang bisa dibaca saat memasuki perbatasan Saudi. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2