Argentina Diguncang Gempa Dangkal Magnitudo 6,8

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 19 Januari 2021 - 11:04:00 WIB
Argentina Diguncang Gempa Dangkal Magnitudo 6,8
Argentina diguncang gempa bermagnitudo 6,8 yang berpusat di wilayah San Juan, Selasa (19/1/2021) WIB.

BUENOS AIRES, iNews.id – Gempa berkekuatan 6,8 melanda Provinsi San Juan, Argentina, Senin (18/1/2021) malam waktu setempat atau Selasa (19/1/2021) siang WIB. German Research Center for Geosciences (GFZ) mengungkapkan, gempa berada di kedalaman 10 km (6,21 mil).

Reuters melansir, Sistem Peringatan Tsunami AS menyatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk gempa dangkal tersebut.

Sementara, laman Volcano Discovery melaporkan, pusat atau episentrum gempa dangkal itu berada di Kabupaten Pocito, San Juan, Argentina. Gempa terjadi pada larut malam sekitar pukul 23.46 waktu setempat.

“Besaran pasti, pusat gempa, dan kedalaman gempa mungkin direvisi dalam beberapa jam atau menit ke depan saat ahli seismologi meninjau data dan menyempurnakan perhitungan mereka, atau saat lembaga lain mengeluarkan laporan mereka,” ungkap laman tersebut.

Laporan kedua terkait gempa itu kemudian dirilis oleh European-Mediterranean Seismological Center (EMSC), yang mencatat gempa itu sebagai gempa bermagnitudo 6,6. Berdasarkan data seismik awal, gempa tersebut seharusnya sudah dirasakan oleh semua orang yang berada di sekitar episentrum.

“Di kawasan tersebut, terjadi guncangan tanah yang berbahaya yang berpotensi menimbulkan kerusakan sedang hingga berat pada bangunan dan infrastruktur lainnya,” kata Volcano Discovery.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2