Arkeolog Ungkap Pabrik Bir Tertua Berusia 4.600 Tahun di Situs Purbakala Mesir

Anton Suhartono ยท Senin, 15 Februari 2021 - 07:04:00 WIB
Arkeolog Ungkap Pabrik Bir Tertua Berusia 4.600 Tahun di Situs Purbakala Mesir
Arkeolog mengungkap pabrik bir tertua di situs purbakala mesir Abydos (Foto: AP)

KAIRO, iNews.id - Para arkeolog mengungkap bangunan yang diyakini sebagai pabrik bir tertua di situs purbakala Mesir kuno.

Wakil Sekjen Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, Mostafa Waziri, seperti dikutip dari Associated Press, Senin (15/2/2021), mengatakan, pabrik bir itu ditemukan di Abydos, pemakaman kuno sebelah barat Sungai Nil, lebih dari 450 kilometer dari Ibu Kota Kairo.

Dia mengatakan, pabrik tersebut tampaknya berasal dari pemerintahan Raja Narmer pada awal Periode Dinasti Pertama, 3150-2613 SM. Dengan demikian pabrik bir itu berusia setidaknya 4.600 tahun.

Para arkeolog dari Mesir dan Amerika Serikat menemukan delapan tempat pembuatan bir, masing-masing berukuran panjang 20 meter dan lebar 2,5 meter. Setiap unit berisi sekitar 40 bak tembikar yang terbagi dalam dua baris. Tembikar itu digunakan untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air untuk menghasilkan bir.

Ketua tim peneliti dari Institut Seni Rupa Universitas New York Matthew Adams mengatakan, pabrik tersebut dibangun untuk menyediakan bir bagi ritual kerajaan. Para arkeolog juga menemukan bukti menunjukkan penggunaan bir dalam upacara pengorbanan orang Mesir kuno.

Arkeolog Inggris merupakan yang pertama meyakini keberadaan pabrik bir yakni pada awal 1900-an, namun mereka tidak bisa menemukan lokasinya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2