AS Ancam Potong Dana untuk WHO karena Dinilai Pro China

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 08 April 2020 - 07:38 WIB
AS Ancam Potong Dana untuk WHO karena Dinilai Pro China

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (ilustrasi). (Foto: Istimewa)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Donald Trump mengancam akan memotong dana yang digelontorkan Amerika Serikat untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pasalnya, politkus Partai Republik itu menilai WHO terlalu condong ke China selama pandemi virus corona (Covid-19).

Pada Selasa (7/4/2020), Trump mengatakan kepada wartawan, dia akan memegang kendali yang sangat kuat pada pendanaan untuk WHO. Selama ini, menurut dia, AS telah menjadi sumber pendanaan terbesar bagi Badan PBB itu.

“Kami akan menahan uang yang dihabiskan untuk WHO,” kata Trump dikutip AFP, Rabu (8/4/2020).

Dia tidak memberikan perincian tentang berapa banyak uang yang akan ditahan itu. Namun, beberapa menit kemudian selama konferensi pers yang sama, Trump mulai berujar diplomatis. “Saya tidak mengatakan saya akan melakukannya. (Tapi) kami akan melihat kemungkinan untuk mengakhiri pendanaan,” ucapnya.

Sebelumnya, Trump menyampaikan kritik tajam terhadap WHO lewat media sosial. Dia menuduh lembaga itu terlalu fokus kepada China dan mengeluarkan nasihat yang keliru selama wabah virus corona.

"WHO benar-benar gagal," ungkap Trump lewat unggahan di Twitter, Selasa (7/4/2020), seperti dikutip Reuters.

"Untuk beberapa alasan, (meskipun) sebagian besar didanai oleh AS, (WHO) sangat China-sentris. Kami akan memperhatikan isu ini. Untungnya saya menolak saran mereka membuka perbatasan kami ke China sejak awal. Mengapa mereka memberi kami rekomendasi yang keliru seperti itu?" ucapnya.

China menghadapi kritik sejumlah kalangan di AS, terutama dari Partai Republik, atas cara negeri tirai bambu itu menangani pandemi Covid-19. Trump juga telah menyatakan keraguan atas keakuratan statistik China terkait jumlah kasus infeksi dan kematian akibat corona.

Editor : Ahmad Islamy Jamil