AS Bakal Bertindak jika Rusia Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 26 September 2022 - 07:10:00 WIB
AS Bakal Bertindak jika Rusia Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat bakal bertindak jika sewaktu-waktu Rusia menggunakan senjata nuklir dalam perang di Ukraina. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, Minggu (25/9/2022).

Menurut dia, Washington DC telah mengembangkan rencana aksi jika Moskow menggunakan senjata nuklirnya di Ukraina. “Kami melakukannya (membuat rencana aksi itu),” kata Blinken dalam sebuah wawancara dengan CBS News.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan, Gedung Putih telah memperingatkan Rusia bahwa akan ada konsekuensi mengerikan jika Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow akan menerima hasil apa pun dari referendum di Donbas dan wilayah lain yang dikuasai Rusia. Moskow, menurut dia, tidak akan berjuang keras untuk mempertahankan integritas teritorial Rusia.

Sullivan mengatakan, Gedung Putih telah menanggapi peringatan Putin itu dengan serius. “Kami telah berkomunikasi secara langsung dan pribadi kepada Rusia pada tingkat yang sangat tinggi bahwa akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia jika mereka menggunakan senjata nuklir di Ukraina,” katanya.

Sullivan menganggap Rusia memahami betul apa yang akan dihadapinya jika berani menggunakan senjata semacam itu. Dia menuturkan, AS telah merencanakan tindakan untuk setiap kemungkinan yang bakal terjadi, serta akan menanggapi dengan tegas ke Rusia.

Peringatan AS itu menuai reaksi dari Parlemen Rusia. Wakil Ketua Komite Keamanan di Parlemen Rusia, Anatoly Vyborny mengatakan, Amerika membesar-besarkan isu tersebut demi menyelamatkan mukanya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda