AS Berencana Hapus Garda Revolusi Iran dari Daftar Teroris, Israel Bereaksi

Umaya Khusniah · Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:04:00 WIB
AS Berencana Hapus Garda Revolusi Iran dari Daftar Teroris, Israel Bereaksi
Israel mendesak Amerika Serikat (AS) untuk tidak menghapus Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) dari daftar organinsasi  teroris. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, iNews.id - Israel mendesak Amerika Serikat (AS) untuk tidak menghapus Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) dari daftar organinsasi  teroris. Sebelumnya, Washington tengah mempertimbangkan untuk menghapus IRGC dari daftar organisasi teroris dengan imbalan khusus.

“Kami yakin AS tidak akan menghapus penunjukan IRGC sebagai organisasi teroris,” kata Perdana Menteri (PM) Israel Naftali Bennett dan Menteri Luar Negeri, Yair Lapid dalam sebuah pernyataan bersama, Jumat (18/3/2022).

Pernyataan itu muncul setelah situs web berita Walla Israel melaporkan, Washington sedang mempertimbangkan untuk menghapus IRGC dari daftar organisasi teroris. Imbalannya, AS meminta komitmen publik dari Iran untuk menghentikan eskalasi di kawasan.

Bennett dan Lapid menuduh IRGC berada di balik serangan yang menargetkan warga dan tentara Amerika di seluruh Timur Tengah. Mereka juga menuduh IRGC terlibat dalam pembunuhan ratusan ribu warga sipil Suriah.

“Upaya untuk menghapus IRGC sebagai organisasi teroris merupakan penghinaan terhadap para korban dan akan mengabaikan kenyataan yang terdokumentasi yang didukung oleh bukti tegas,” kata pernyataan bersama itu.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda