AS Bersiap Uji Coba Rudal Balistik Minuteman III dari Vandenberg

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 06 November 2018 - 12:04 WIB
AS Bersiap Uji Coba Rudal Balistik Minuteman III dari Vandenberg

Rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III. (Foto: U.S. Air Force)

WASHINGTON, iNews.id - Militer Amerika Serikat (AS) bersiap melanjutkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California.

Misil itu akan ditembakkan dari silo bawah tanah pangkalan antara Selasa (6/11/2018) pukul 11.01 waktu setempat dan Rabu (7/11/2018) pukul 05.01 waktu setempat. Silo digunakan untuk menyimpan batu bara, semen, potongan kayu, atau serbuk gergaji dan memiliki beberapa tipe antara lain tipe menara, bunker, dan karung.

Uji coba ICBM Minuteman III ini hanya berselang sekitar tiga bulan setelah tes terakhir yang mengalami kegagalan.

Dalam uji coba, senjata tiga-tahap ini dilengkapi dengan hulu ledak tiruan. Setelah diluncurkan, militer akan melacak rudal dan kendaraan tiruannya selama menuju target yang sudah ditentukan, yang biasanya terletak di Atol Kwajalein, sekitar 4.200 mil barat daya Vandenberg.

"Peluncuran uji operasional Minuteman III menyediakan data berharga bagi para perencana dan secara holistik menguji sistem, prosedur, dan penerbang dari perencanaan misi awal hingga fase kerja senjata terakhir," kata seorang pejabat Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, dalam pengumuman jadwal peluncuran senjata tersebut, seperti dilaporkan The Tribune.

"Uji coba ini tidak terkait dengan kejadian dunia nyata," ujarnya, mengacu pada isu-isu ketegangan militer dunia,.

Angkatan Udara AS menyatakan sudah mempersiapkan kalender peluncuran ICBM Minuteman III tiga hingga lima tahun sebelumnya. Persiapan dilakukan enam bulan hingga satu tahun sebelum hari peluncuran.

Militer AS biasanya menjadwalkan empat uji coba rudal tersebut per tahun, dan uji coba terakhir dilakukan 31 Juli lalu. Namun upaya itu berakhir dengan kegagalan, di mana personel Vandenberg mengirim perintah penghancuran misil setelah diluncurkan karena beberapa anomali yang terlihat tak lama setelah ICBM terbang.

Angkatan Udara AS memiliki sekitar 450 rudal Minuteman III yang siaga di dekat Pangkalan Angkatan Udara F.E. Warren, Wyoming; Pangkalan Angkatan Udara Minot, Dakota Utara; serta Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom, Montana.

Editor : Nathania Riris Michico