AS dan Korsel Latihan Perang Besar-besaran Libatkan Ratusan Jet Tempur, Korut Ancam Begini

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 01 November 2022 - 08:02:00 WIB
AS dan Korsel Latihan Perang Besar-besaran Libatkan Ratusan Jet Tempur, Korut Ancam Begini
Penampakan sejumlah jet tempur F-35A yang terlibat latihan militer gabungan Korea Selatan dan AS pada 25 Maret 2022. (Foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.idKorea Utara menuntut agar AS dan Korea Selatan menghentikan latihan militer mereka di kawasan. Pyongyang pun mengancam akan memberikan respons yang lebih keras jika latihan tersebut terus berlanjut. 

Amerika Serikat dan Korsel menggelar salah satu latihan udara militer gabungan terbesar mereka pada Senin (31/10/2022) kemarin. Ratusan pesawat tempur dari kedua belah pihak melakukan serangan tiruan 24 jam sehari selama lebih dari sepekan.

Menurut Angkatan Udara AS, latihan gabungan yang dinamai Vigilant Storm itu bakal berlangsung hingga Jumat (4/10/2022), dan akan menampilkan sekitar 240 jet tempur yang melakukan sekitar 1.600 serangan mendadak.

AS dan Korsel meyakini bahwa Korut akan melanjutkan uji coba bom nuklir dalam waktu dekat. Atas dasar kecurigaan itu, Washington DC dan Seoul menerapkan semacam strategi untuk “menghalangi” rencana Pyongyang tersebut melalui latihan militer skala besar di kawasan. 

Kementerian Luar Negeri Korut menyatakan, Pyongyang siap untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatannya, keamanan rakyat dan integritas teritorial dari ancaman militer luar.

“Jika AS terus-menerus melakukan provokasi militer yang serius, DPRK akan mempertimbangkan langkah-langkah tindak lanjut yang lebih kuat,” ungkap Kemlu Korut dalam pernyataannya, seperti dikutip KCNA, Senin (31/10/2022). 

DPRK adalah singkatan dari Democratic People's Republic of Korea (Republik Demokratik Rakyat Korea), nama resmi Korut di panggung internasional.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda