AS dan Sekutu Habiskan Rp628 Triliun Pasok Senjata ke Ukraina selama Agresi Rusia

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 30 November 2022 - 20:54:00 WIB
AS dan Sekutu Habiskan Rp628 Triliun Pasok Senjata ke Ukraina selama Agresi Rusia
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat dan sekutunya sampai sejauh ini telah menghabiskan 40 miliar dolar AS untuk bantuan senjata ke Ukraina di tengah agresi militer Rusia sejak Februari lalu. Nilai itu setara dengan Rp628 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Rabu (30/11/2022). Menurut dia, Washington DC dan sekutunya akan meningkatkan lagi pasokan senjata mereka ke Kiev.

“Sekutu dan mitra NATO telah memberikan 40 miliar dolar AS senjata ke Ukraina, lebih banyak lagi yang akan datang,” kata Blinken pada jumpa pers di Bucharest, Rumania, hari ini. 

Dia mengungkapkan, Amerika Serikat sendiri telah memberikan lebih dari dari 19 miliar dolar AS bantuan militer ke Ukraina. Selain itu, negeri Paman Sam juga mengucurkan hampir 15 miliar dolar AS dukungan ekonomi dan kemanusiaan langsung kepada negara bekas Uni Soviet itu.

Blinken menyatakan, cara terbaik untuk mempercepat prospek diplomasi dengan Rusia adalah dengan mempertahankan dukungan ke Ukraina, di samping terus mengupayakan agar Kiev diuntungkan di medan perang. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda