AS Didesak Resmikan Kerja Sama Bilateral dengan Taiwan, Tekan Manuver China

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 06:58:00 WIB
AS Didesak Resmikan Kerja Sama Bilateral dengan Taiwan, Tekan Manuver China
Pemerintah Amerika Serikat didesak segera menjalin kerja sama bilateral dengan Taiwan guna menekan China. (foto: ist)

WASHINGTON, iNews.id - 50 senator Amerika Serikat dari Partai Republik dan Demokrat meminta pemerintah Donald Trump untuk segera memulai pembicaraan bilateral dengan Taiwan. Langkah ini diyakini akan memberikan tekanan kuat pada China.

Reuters melaporkan pada Kamis (1/10/2020), 42 senator Partai Republik dan 8 dari Partai Demokrat, telah mengirim surat kepada Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Robert Lighthizer, yang isinya mendorong untuk memulai proses negosiasi formal perdagangan yang komprehensif dengan Taiwan.

Dalam suratnya, para senator menyebut Taiwan sebagai mitra ekonomi dan sekutu keamanan Amerika Serikat di kawasan Asia-Pasifik.

Taiwan sudah lama tertarik menjalin kerja sama perdagangan bebas dengan Washington--pendukung terpentingnya di panggung internasional. Namun, AS berulang kali menangguhkannya disebabkan hambatan akses impor daging babi dan sapi dari AS.

Pada Agustus kemarin, Taiwan mengumumkan pelonggaran impor daging sapi dan babi dari AS yang diperkirakan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

Nilai perdagangan Taiwan dan AS pada tahun lalu mencapai 85,5 miliar dolar AS, dengan Amerika Serikat mengalami defisit senilai 23,1 miliar dolar AS. Taiwan merupakan pasar ekspor terbesar ke-14 Amerika Serikat pada 2019.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan, yang diklaim oleh China sebagai wilayahnya. Sepanjang tahun 2020, China terus meningkatkan aktivitas militernya di dekat negara itu.

China mengatakan mereka akan melakukan cara apapun untuk menjadikan Taiwan bagian dari negaranya.

Editor : Arif Budiwinarto