AS Kirim Kapal Induk USS Abraham Lincoln ke Korea Setelah Korut Uji Coba Rudal Balistik

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 April 2022 - 09:18:00 WIB
AS Kirim Kapal Induk USS Abraham Lincoln ke Korea Setelah Korut Uji Coba Rudal Balistik
USS Abraham Lincoln dikerahkan ke perairan Korea menyusul ketegangan pascauji coba rudal Korut (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengirim kelompok penyerang kapal induk USS Abraham Lincoln ke Semenanjung Korea setelah meningkatnya ketegangan pascauji coba rudal Korea Utara (Korut). 

Seorang pejabat AS mengatakan, kelompok penyerang yang dipimpin USS Abraham Lincoln juga berada di Laut Jepang atau Laut Timur untuk mengikuti latihan dengan pasukan bela diri Matahari Terbit. 

Pengerahan kapal induk ini dilakukan juga di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa Korut bisa saja melakukan uji coba senjata nuklir bawah tanah bersamaan dengan perayaan ulang tahun pendiri negeri, Kim Il Sung, pada 14 April.

Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan sudah mengetahui kelompok kapal induk berada di perairan internasional, namun mereka menolak berkomentar karena menyangkut aset militer asing.

Ini merupakan kali pertama AS mengerahkan kelompok penyerang ke perairan antara Korea Selatan dan Jepang sejak 2017. Pada tahun itu USS Ronald Reagan, Theodore Roosevelt, dan Nimitz, serta kelompok penyerang terdiri atas beberapa kapal, dikerahkan untuk unjuk kekuatan setelah Korut menguji coba rudal dan senjata nuklir.

Kantor berita Yonhap, mengutip sumber pejabat yang tidak disebutkan identitasnya, melaporkan USS Abraham Lincoln akan beroperasi di perairan itu selama 3 sampai 5 hari.

Dalam kunjungannya ke Washington DC pekan lalu, penasihat presiden Korea Selatan terpilih meminta AS memindahkan aset pertahanan strategis, seperti kapal induk, pesawat pengebom nuklir, dan kapal selam, ke Semenanjung Korea.

Korut mengkritik latihan perang AS dengan para sekutunya di kawasan dengan mengatakan hal itu bisa meningkatkan ketegangan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda