AS Kirim Utusan ke Taiwan Pekan Depan, China: Amerika Sedang Bermain Api

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 14:40:00 WIB
AS Kirim Utusan ke Taiwan Pekan Depan, China: Amerika Sedang Bermain Api
Ilustrasi hubungan AS dan Taiwan. (Foto: Ist.)

TAIPEI, iNews.id – Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB, Kelly Craft, akan mengunjungi Taiwan dari 13 hingga 15 Januari ini. Di sana, dia dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan sejumlah pejabat senior Taiwan. 

Rencana kunjungan Craft tersebut diungkapkan Misi AS untuk PBB, Kamis (7/1/2021) waktu setempat. 

“Selama perjalanannya, Duta Besar (Kelly Craft) akan memperkuat dukungan kuat dan berkelanjutan dari Pemerintah AS untuk ruang internasional Taiwan sesuai dengan kebijakan Satu China AS yang dipandu oleh Taiwan Relations Act, tiga komunike bersama AS-RRT, dan Enam Jaminan untuk Taiwan,” ungkap Misi AS dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Jumat (8/1/2021).

Tak pelak, hal itu menuai reaksi keras dari China. Negeri tirai bambu sangat menentang kunjungan Craft tersebut. Beijing pun menilai Amerika sedang bermain api.

“Kami ingin mengingatkan Amerika Serikat bahwa siapa pun yang bermain dengan api akan membakar dirinya sendiri. Amerika Serikat akan membayar harga yang mahal untuk tindakan yang salah ini,” ungkap Misi China untuk PBB.

“China sangat mendesak AS untuk menghentikan provokasi gilanya; berhenti menciptakan kesulitan baru bagi hubungan China-AS dan kerja sama kedua negara di PBB, dan; berhenti melangkah lebih jauh ke jalan yang salah,” kata perwakilan China itu lagi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2