AS Pastikan UEA Dapat Jet Tempur F-35 Usai Normalisasi Hubungan dengan Israel

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:12:00 WIB
AS Pastikan UEA Dapat Jet Tempur F-35 Usai Normalisasi Hubungan dengan Israel
Pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat. (foto: ist)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat menegaskan komitmennya untuk memperkuat kekuatan militer Uni Emirat Arab (UEA) setelah negara itu resmi menormalisasi hubungan dengan Israel. Washington juga memastikan pembicaraan mengenai pembelian jet tempur F-35 terus berjalan.

"Kami tentu saja membiarkan semua sekutu kami di kawasan (Teluk) tahu bahwa komitmen kami secara militer untuk memperkuat UEA sangat penting," kata Juru Bicara Luar Negeri Amerika Serikat Morgan Ortagus dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (27/8/2020).

Ortagus menambahkan AS akan segera merealisasikan penjualan pesawat tempur F-35 ke UEA sebagai bagian dari kesepakatan normalisasi hubungan diplomatik negara Teluk itu dengan Israel yang ditengahi AS.

Dia memastikan pembicaraan mengenai penjualan senjata ke UEA masih berjalan meski sempat ada kekhawatiran dari sekutu AS, Israel, langkah tersebut bakal melemahkan kekuatan militernya.

"Sehubungan dengan penjualan pesawat tempur F-35 atau perangkat keras, infrastruktur militer apa pun, saya terus mengingatkan orang-orang bahwa penting untuk mengetahui bahwa hubungan militer dan keamanan UEA dan AS erat dan telah terbina selama beberaa dekade," ujarnya.

Kebijakan UEA menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, kata Ortagus, semakin membuat AS tidak ragu akan menerapkan langkah lainnya.

Pernyataan Ortagus bersamaan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mark Pompeo, di Abu Dhabi ibu kota UEA pada Rabu (27/8/2020). Kunjungan Pompeo diyakini membawa sejumlah agenda strategis AS, termasuk pembicaraan penjualan senjata.

Editor : Arif Budiwinarto