AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubes Berusia di Bawah 21 Tahun Segera Tinggalkan Indonesia

Anton Suhartono ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 22:48 WIB
AS Perintahkan Keluarga Staf Kedubes Berusia di Bawah 21 Tahun Segera Tinggalkan Indonesia

Deplu AS keluarkan perintah agar anggota keluarga staf Kedubes AS berusia di bawah 21 tahun segera meninggalkan Indonesia (Foto: Situs web Kedubes AS

JAKARTA, iNews.id - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rabu (25/3/2020), memerintahkan agar anggota keluarga staf Kedutaan Besar AS, Misi AS untuk ASEAN, serta Konsulat Jenderal di Surabaya dan Medan, yang berusia di bawah 21 tahun untuk segera meninggalkan Indonesia.

Dalam keterangan yang disiarkan di situs web Kedubes AS, Kamis (26/3/2020), dijelaskan, keputusan ini dibuat terkait kekhawatiran kasus virus corona di Indonesia.

“Departemen Luar Negeri membuat keputusan ini terkait bukti Covid-19 di Indonesia, kapasitas medis di Indonesia saat ini serta ketersediaan penerbangan dari Indonesia,” bunyi pernyataan.

Meski demikian, operasional kedubes di Jakarta serta konsulat di Surabaya dan Medan tetap buka untuk memberikan pelayanan tertentu, seperti terhadap warga AS di Indonesia.

“Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan Konsulat Medan tetap terbuka hanya untuk fungsi-fungsi misi. Layanan untuk warga AS tetap tersedia.”

Meski demikian, kedubes menyarankan agar warga AS yang masih berada di Indonesia untuk segera pulang, terkait dengn pembaruan nasihat perjalanan yang dikeluarkan departemen, yakni Level 4.

Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan terburuk terkait kebijakan atau pembatasan perjalanan yang bisa saja diterapkan oleh kedua negara secara mendadak.

“Di bawah Level 4 Global Health Advisory, warga AS yang saat ini berada di Indonesia harus mengatur untuk segera kembali ke Amerika Serikat, kecuali mereka siap untuk tetap berada di luar negeri dalam waktu yang lama,” isi pernyataan.

Warga AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus mengatur perjalanan sendiri sesegera mungkin, mengingat penerbangan komersial masih tersedia meskipun sudah sangat berkurang.

“Kami sangat menyarankan warga AS, setiap kali mereka bepergian ke luar negeri, untuk mendaftarkan rencana perjalanan mereka di www.travel.state.gov dan membaca informasi yang terdapat di situs web.”

Disebutkan pula, Pemerintah Indonesia telah menerapkan penyaringan serta langkah-langkah karantina untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Pembatasan perjalanan dapat diberlakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pendatang yang pernah mengunjungi China, Iran, Italia, dan Korea Selatan dalam 14 hari terakhir akan ditolak masuk.


Editor : Anton Suhartono