AS Siapkan Rudal Jarak Jauh untuk Taiwan, Bisa Ditembakkan dari F-16 ke Daratan China

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 September 2020 - 13:06 WIB
AS Siapkan Rudal Jarak Jauh untuk Taiwan, Bisa Ditembakkan dari F-16 ke Daratan China

Amerika Serikat dilaporkan akan menjual paket persenjataan ke Taiwan, termasuk rudal jarak jauh yang ditembakkan dari F-16 (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintahan Presiden Donald Trump dilaporkan mendorong penjualan tujuh paket persenjata ke Taiwan, termasuk rudal jarak jauh yang ditembakkan dari jet tempur sehingga bisa mencapai target ke daratan China.

Jika disetujui oleh Kongres, paket senilai miliaran dolar AS itu menjadi salah satu transfer persenjataan terbesar ke Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut beberapa pejabat yang mengetahui rencana ini, seperti dikutip dari The New York Times, Jumat (18/9/2020), pemerintahan Trump akan untuk memberi tahu anggota parlemen secara informal dalam beberapa pekan mendatang.

Pemerintahan AS diharuskan menerima pembelian senjata dari Taiwan dengan syarat untuk kebutuhan bertahan.

Sistem senjata paling sensitif yang diusulkan ke Taiwan adalah rudal udara ke darat, AGM-84H/KSLAM-ER, produksi Boeing.

Rudal itu dapat ditembakkan dari jet yang terbang di luar jangkauan sistem pertahanan udara China, mencapai sasaran di daratan atau laut, termasuk kapal perang yang mencoba menyeberangi Selat Taiwan. Rencana penjualan rudal tersebut belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Rudal tersebut bisa digendong oleh jet tempur F-16, di mana Taiwan membeli cukup banyak dari AS, bahkan sudah mendirikan fasilitas perawatan sendiri.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua