AS Tingkatkan Rotasi Militer di Australia, termasuk Pesawat Pengebom dan Jet Tempur

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 Desember 2022 - 07:08:00 WIB
AS Tingkatkan Rotasi Militer di Australia, termasuk Pesawat Pengebom dan Jet Tempur
AS akan tingkatkan rotasi militer di Australia, termasuk pesawat pengebom (Foto: US Air Force via Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) akan meningkatkan kehadiran militer di Australia, yakni dalam bentuk peningkatan rotasi personel serta pesawat pengebom dan jet tempur. Keputusan itu diambil setelah kedua negara melakukan pembicaraan rutin tahunan, AUSMIN.

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin mengatakan rotasi pasukan dilakukan di semua matra, darat, laut, maupun udara.

"Kami menyepakati peningkatan rotasi kekuatan udara, darat, dan laut. Ini jelas rotasi kekuatan ke Australia," kata Austin, dikutip dari Reuters, Rabu (7/12/2022).

Dia tak menjelaskan kapan peningkatan rotasi dilakukan, termasuk berapa banyak pasukan serta armada tempur yang dilibatkan.

Selain itu, kedua negara sepakat untuk mengajak Jepang bergabung dalam inisiatif postur kekuatan militer di Australia.

Wiayah Northern Territory, Australia, tak jauh dari Indonesia, kerap digunakan sebagai pangkalan militer AS. Ribuan personel Marinir AS melakukan rotasi melalui wilayah itu setiap tahun, termasuk untuk latihan gabungan. Ini sudah berlangsung sejak pemerintahan Presiden Barack Obama.

AS memandang Australia sebagai mitra penting dalam upaya melawan pengaruh China di Indo-Pasifik.

Sebelumnya AS menyatakan akan mengerahkan enam pesawat pengebom B-52 berkemampuan nuklir ke pangkalan udara di Northern Territory.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda