Asyik Main Lumpur, Bocah 9 Tahun Temukan Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Anton Suhartono ยท Senin, 29 Juli 2019 - 14:30:00 WIB
Asyik Main Lumpur, Bocah 9 Tahun Temukan Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun
Temuan fosil telur dinosaurus di Heyuan (Foto: AFP)

HEYUAN, iNews.id - Bocah berusia 9 tahun di Provinsi Guangdong, China, menemukan telur dinosaurus saat asyik bermain di jembatan runtuh. Telur itu kini dipamerkan di Museum Dinosaurus Heyuan.

Penemuan fenomenal ini terjadi saat sang bocah, Zhang Yangshao, dan keluarganya bermain di Jembatan Dongjiang yang ambruk pada awal tahun ini.

Saat bermain di lumpur di bawah jembatan, Zhang melihat ada cangkang telur yang muncul.

"Ibu, ini sepertinya cangkan telur dinosaurus," kata Zhang, menirukan pernyataanya kepada sang ibu saat itu, dikutip dari Sin Chew Daily.

Setelah itu, ibu Zhang melaporkan penemuan ini ke Museum Dinosaurus Heyuan. Museum pun mengirim tim ahli untuk mengecek lokasi penemuan telur.

Tim melakukan ekskavasi dengan kedalaman 60 sampai 70 sentimeter dan menemukan 11 telur lain yang masing-masing panjangnya 9 sentimeter.

Para ahli palaentologi dari museum mengatakan, dari hasil pemeriksaan, fosil telur tersebut berasal dari periode Cretaceous dengan usia 66 juta tahun.

Penemuan fosil telur dinosaurus bukan hal baru di Kota Heyuan. Sejauh ini ada 10.000 lebih fosil telur yang ditemukan di seluruh bagian kota. Jumlah itu merupakan sepertiga dari total temuan telur hewan purba itu di seluruh dunia.

Editor : Anton Suhartono