Asyiknya, Perusahaan di Inggris Terapkan 4 Hari Kerja Seminggu Tanpa Potong Gaji

Anton Suhartono ยท Rabu, 30 November 2022 - 15:12:00 WIB
Asyiknya, Perusahaan di Inggris Terapkan 4 Hari Kerja Seminggu Tanpa Potong Gaji
100 perusahaan di Inggris menerapkan waktu kerja 4 hari seminggu (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Sebagian pekerja di Inggris merasakan kerja hanya 4 hari seminggu. Sekitar 100 perusahaan telah mendaftarkan pemberlakuan masa kerja 4 hari dalam sepekan tanpa memotong gaji.

Perusahaan yang menerapkan 4 hari kerja tersebut memiiki sekitar 2.600 karyawan. Angka tersebut masih terbilang kecil dibandingkan total pekerja di Inggris.  Meski demikian Kampanye 4 Hari Kerja yang digulirkan perusahaan-perusahaan itu diharapkan bisa menjadi pelopor perubahan.

Perusahaan menjelaskan, 4 hari kerja justru mendorong produktivitas karyawan. Meski jam kerja berkurang, namun output yang diberikan sama dengan bekerja selama 5 hari dalam sepekan. Kebijakan tersebut juga terbukti efektif untuk merekrut dan mempertahankan karyawan, sehingga mengurangi turnover.

Dua perusahaan terbesar yang telah mendaftar adalah Atom Bank dan Awin, masing-masing memiliki sekitar 450 karyawan di Inggris.

"(4 hari kerja adalah) Satu inisiatif paling transformatif yang pernah kami lihat dalam sejarah perusahaan," kata Adam Ross, CEO Awin, perusahaan pemasaran global, dikutip dari Guardian.

Dia menjelaskan selama 1,5 tahun menerapkan masa kerja 4 hari, perusahaan tidak hanya mengalami peningkatan luar biasa dalam kesehatan dan kesejahteraan karyawan, tapi juga dalam layanan dan hubungan dengan kostumer.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda