Badai Siklon Hantam Madagaskar, 2 Orang Tewas dan 1.400 Kehilangan Tempat Tinggal

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 09:35 WIB
Badai Siklon Hantam Madagaskar, 2 Orang Tewas dan 1.400 Kehilangan Tempat Tinggal

Seorang pedagang kaki lima bergegas pulang ke rumah menjelang badai di Antananarivo, Madagaskar, 9 Desember 2019. Topan Belna telah menghantam Madagaskar utara, menyebabkan 1.400 orang kehilangan tempat tinggal, Selasa (10/12). (FOTO: AP)

ANTANANARIVO, iNews.id - Siklon Belna menghantam wilayah barat laut Madagaskar. Badai itu mengakibatkan dua orang tewas dan tiga orang lainnya hilang.

Belna merupakan badai tropis pertama pada musim badai kali ini di wilayah tersebut.

Menurut Kolonel Elack Olivier Andriakaja dari Badan Penanganan Bencana Nasional, Belna memporak-porandakan kota pantai Soalala, sehingga mengakibatkan 1.400 warga kehilangan tempat tinggal lantaran rumah mereka hancur atau rusak berat.

Dilaporkan Associated Press, Rabu (11/12/2019), angin yang dibawa Belna menerbangkan sekitar 80 persen atap-atap bangunan rumah dan kantor. Sementara hujan yang dicurahkannya mengakibatkan banyak rumah terendam banjir.

Andiarkaja mengatakan, mereka yang terpaksa mengungsi kini berlindung di sejumlah sekolah, masjid dan kantor pemerintah, dan sangat membutuhkan makanan.

Banyak bangunan milik pemerintah dan jalan-jalan juga mengalami kerusakan, sehingga bantuan makanan kemungkinan akan dikirim melalui laut.

Perdana Menteri Madagaskar Christian Ntsay akan terbang ke Soalala untuk mengevaluasi kerusakan.

Badan Meterologi Madagaskar menyatakan, Belna kini diturunkan katagorinya dari siklon menjadi badai tropis biasa sewaktu bergerak ke arah Selatan.

Hujan lebat dan angin yang ditimbulkannya diperkirakan akan terus bertahan hingga Kamis (12/12/2019).

Editor : Nathania Riris Michico