Bajak Laut Serang Kapal Tanker Norwegia, Sembilan ABK Belum Jelas Nasibnya

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 21:32 WIB
 Bajak Laut Serang Kapal Tanker Norwegia, Sembilan ABK Belum Jelas Nasibnya

Perompak bersenjata di laut (foto: ist)

LAGOS, iNews.id - Aksi penculikan kru kapal oleh bajak laut kembali terjadi di perairan Nigeria, kali ini menimpa kapal berbendera Norwegia. Sebanyak sembilan kru kapal ditahan oleh para perompak.

Dilansir dari AFP, insiden tersebut terjadi pada Kamis (2/7/2020) pukul 03:20 dini hari waktu setempat. Saat itu, kapal tanker The Sendje Berge yang berlayar tak jauh dari garis pantai Nigeria diserang oleh kelompok bajak laut bersenjata api.

Tidak ada korban luka dalam aksi tersebut, hanya saja perompak menawan sembilan anak buah kapal (ABK) berkebangsaan Nigeria. Sampai berita ini diturunkan, pemilik kapal belum mendapatkan kabar terbaru mengenai sembilan ABK yang diculik serta permintaan tebusan dari perompak.

The Sendje Berge merupakan kapal tanker yang dioperasikan oleh perusahaan migas BW Offshore di lepas pantai Afrika bagian barat. Kapal tersebut tengah mengangkut minyak dari sumur Okwori yang dimiliki perusahaan milik China, Addax Petroleum.

Teluk Guinea, yang mencakup garis pantai Nigeria, dalam beberapa tahun terakhir terkenal sebagai daerah wilayah operasi para perompak. Dalam menjalankan aksinya mereka kerap membajak kapal berukuran sedang hingga besar serta menawan kru kapal dengan permintaan tebusan besar.

Editor : Arif Budiwinarto