Baku Tembak Pemberontak dan Tentara, 2 Pelaku Ditangkap

Umaya Khusniah · Selasa, 29 Maret 2022 - 10:22:00 WIB
Baku Tembak Pemberontak dan Tentara, 2 Pelaku Ditangkap
Baku tembak meletus antara kelompok pemberontak dan tentara di Republik Demokratik Kongo. (Foto: Reuters)

GOMA, iNews.id - Baku tembak meletus antara kelompok pemberontak dan tentara di Republik Demokratik Kongo. Dua pemberontak berhasil ditangkap. 

Pertempuran sengit ini terjadi pada Minggu (27/3/2022) malam dan berlanjut pada Senin (28/3/2022). Kelompok pemberontak M23 menyerang pos tentara yang berada di dekat perbatasan dengan Uganda dan Rwanda

Seorang saksi mengatakan, bentrokan dimulai sekitar pukul 01:00 waktu setempat di dekat Desa Tshanzu dan Runyonyi, sekitar 50 km timur laut ibu kota Provinsi Goma,

"Kami tidak tahu siapa yang menguasai daerah itu, tapi sepertinya itu serangan serius. Pertempuran itu lebih intens daripada bentrokan sebelumnya," kata saksi mata itu kepada Reuters.

Tentara Kongo dalam konferensi pers Senin mengonfirmasi serangan itu. Dua orang dari kelompok pemberontak M23 yang didukung tentara Rwanda itu berhasil ditangkap.

Juru bicara pemerintah Rwanda, juru bicara militer dan jaksa agung tidak segera menanggapi permintaan komentar.

M23 merebut sebagian besar wilayah selama pemberontakan pada 2012 dan 2013. Para pejuang tersebut akhirnya diusir oleh pasukan Kongo dan PBB ke Uganda dan Rwanda.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda