Balas Dendam, Rusia Jatuhkan Sanksi kepada Istri dan Putri Joe Biden

Anton Suhartono ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 19:00:00 WIB
Balas Dendam, Rusia Jatuhkan Sanksi kepada Istri dan Putri Joe Biden
Istri Joe Biden, Jill, dan putri mereka, Ashley, masuk dalam daftar sanksi terbaru Rusia (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menambah warga Amerika Serikat (AS) dalam daftar sanksi. Dalam pembaruannya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia memasukkan 25 orang lagi, termasuk istri dan putri Presiden Joe Biden, Jill Biden dan Ashley.

Disebutkan, perluasan sanksi ini merupakan pembalasan atas tindakan serupa yang dilakukan AS terhadap para pejabat dan politisi Rusia serta anggota keluarga mereka.

"Merespons sanksi AS terhadap tokoh politik dan publik Rusia yang terus meluas, 25 warga Amerika dari mereka yang bertanggung jawab atas pembentukan senator Rusiafobia, anggota kelompok yang disebut McFaul-Yermak, yang mengembangkan rekomendasi mengenai pembatasan terhadap Rusia, serta anggota keluarga Presiden Joe Biden," bunyi pernyataan, seperti dilaporkan Sputnik, Selasa (28/6/2022).

Selain itu sanksi terbaru juga menargetkan ilmuwan yakni Yoshiro Francis Fukuyama, seorang profesor Universitas Stanford. Dia merupakan pakar politik dan penulis buku The End of History and the Last Man. 

Fukuyama merupakan sosok yang mendesak Biden untuk menerbitkan daftar sanksi terhadap Rusia pada awal Januari lalu. Dia juga menilai kekalahan Rusia akan memungkinkan lahirnya kebebasan baru yang mengeluarkan manusia dari kekacauan. 

Selain itu pihak lain yang masuk dalam daftar sanksi adalah profesor dan peneliti dari beberapa kampus terkemuka AS, anggota parlemen, dan anggota kelompok Yermak-McFaul yang menggarap sanksi terhadap Rusia.

Orang-orang yang dijatuhi sanksi atau stop list mereka dilarang masuk wilayah Rusia dengan alasan berperlilaku Rusiafobia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda