Bandara di Kota Wisata Spanyol Terbakar, Lalu Lintas Udara Ditutup

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 10:14 WIB
Bandara di Kota Wisata Spanyol Terbakar, Lalu Lintas Udara Ditutup

Petugas pemadam kebakaran bekerja di bandara Alicante-Elche pada 15 Januari 2020 di Alicante, setelah kebakaran terjadi di bandara. (Foto: Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

PARIS, iNews.id - Kebakaran melanda bandara Alicante, sebuah kota di pantai Mediterania timur yang merupakan lokasi pariwisata, Rabu (15/1/2020). Hal ini menyebabkan lalu lintas udara ditutup.

"Api terkendali tetapi belum padam. Petugas pemadam kebakaran terus bekerja," kata juru bicara operator bandara Spanyol Aena, kepada AFP.

Dia menyebut, bandara akan tetap menutup lalu lintas udara hingga Kamis (16/1/2020) siang waktu setempat.

Sebanyak 10 penerbangan yang dijadwalkan mendarat di Alicante dibatalkan, demikian juga 12 yang seharusnya berangkat dari bandara itu.

Empat penerbangan lain yang dijadwalkan mendarat di Alicante dialihkan ke bandara Spanyol lainnya.

Api terlihat dari dalam terminal, menurut seorang fotografer AFP di lokasi kejadian.

Penumpang dan pekerja berdiri di luar ketika asap tebal membung dari gedung terminal.

Tidak ada yang terluka dan pihak berwenang masih belum tahu apa yang menyebabkan kebakaran.

Bandara ini melayani wilayah timur Valencia, yang merupakan rumah bagi beberapa resor populer seperti Benidorm. Bandara itu menangani kurang dari 14 juta penumpang tahun lalu, menjadikannya bandara tersibuk kelima di Spanyol.

Aena merekomendasikan agar penumpang menghubungi maskapai mereka sebelum menuju ke bandara Alicante, untuk mengecek status penerbangan mereka.

"Kami berkoordinasi dengan maskapai penerbangan. Konsultasikan dengan perusahaan Anda untuk mengetahui apakah penerbangan Anda dibatalkan atau akan beroperasi dari bandara alternatif," imbaunya.

Editor : Nathania Riris Michico