Bantah Terlibat Penikaman Salman Rushdie, Iran: Dia Bikin Marah karena Hina Islam

Anton Suhartono ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 15:18:00 WIB
Bantah Terlibat Penikaman Salman Rushdie, Iran: Dia Bikin Marah karena Hina Islam
Salman Rushdie (Foto: Abaca Press via Reuters)

DUBAI, iNews.id - Iran membantah terlibat dalam penikaman penulis Ayat-Ayat Setan, Salman Rushdie, di New York, Amerika Serikat, pekan lalu. Rushdie dan para pendukungnya yang seharusnya disalahkan atas penikaman itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran Nasser Kanaani menegaskan kebebasan berbicara bukan berarti seenaknya menghina pihak lain, apalagi agama Islam.

"Salman Rushdie mengekspos dirinya dengan kemarahan orang-orang dengan menghina kesucian Islam serta melanggar garis merah 1,5 miliar Muslim," kata Kanaani, dikutip dari Reuters, Senin (15/8/2022).

"Selama serangan terhadap Salman Rushdie, kami tidak menganggap siapa pun, selain dia dan pendukungnya, layak untuk dicela dan dikutuk. Tidak ada yang berhak menuduh Iran dalam hal ini," ujarnya, melanjutkan.

Dia juga menegaskan pemerintah Iran tidak punya informasi mengenai pelaku penyerangan Rushdie, Hadi Matar, kecuali apa yang didapat dari pemberitaan media massa.

Sementara itu Rushdie dilaporkan sudah pulih setelah ditikam berulang kali di dada dan leher saat akan berceramah di sebuah acara. Penulis kelahiran India itu sempat hidup dalam bayangan ancaman pembunuhan setelah merilis novel Ayat-Ayat Setan pada 1988. Novel itu berisi hujatan terhadap Islam.

Pada 1989 Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa yang menyerukan umat Islam untuk membunuh Rushdie serta siapa pun yang terlibat dalam menerbitkan novel tersebut. Namun pada 1998 pemerintah Iran tidak lagi mendukung fatwa tersebut, sehingga Rushdie bisa beraktivitas lebih bebas, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda