Salman Rushdie Penulis Buku Ayat-Ayat Setan Ditikam di Panggung saat Akan Ceramah

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:12:00 WIB
Salman Rushdie Penulis Buku Ayat-Ayat Setan Ditikam di Panggung saat Akan Ceramah
Salman Rusdhie yang merupakan penulis novel Ayat-Ayat Setan ditikam di leher dan dada. (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Salman Rushdie yang merupakan penulis novel Ayat-Ayat Setan ditikam di leher dan dada saat berada di New York. Dia pun segera diterbangkan ke rumah sakit dan menjalani operasi. 

Polisi New York mengatakan, novelis kelahiran India itu sedianya akan memberikan kuliah umum di depan ratusan orang di Chautauqua Institution. Dia akan memberikan ceramah tentang kebebasan artistik, Jumat (12/8/2022). 

Tiba-tiba, seorang pria naik ke atas panggung dan menikamnya. Sejumlah orang yang berada di sekitarnya pun segera melerai dan menangkap pelaku. 

Seorang polisi Negara Bagian New York yang memberikan keamanan di acara tersebut menangkap penyerang. Pelaku diidentifikasi sebagai Hadi Matar, pria 24 tahun dari Fairview, New Jersey, yang sengaja membeli tiket ke acara tersebut.

"Seorang pria melompat ke atas panggung dan memulai apa yang tampak seperti memukulinya di dada, mengulangi pukulan tinju ke dada dan lehernya," kata salah satu penonton, Bradley Fisher.

Seorang dokter yang duduk di antara penonton membantu merawat Rushdie saat layanan darurat tiba. Moderator acara, Henry Reese juga mengalami cedera kepala ringan. 

Polisi mengatakan mereka bekerja dengan penyelidik federal untuk menentukan motif. Sayangnya, mereka tidak menjelaskan senjata yang digunakan.

Salman Rushdie merupakan pria yang lahir dalam keluarga Muslim Kashmir di Bombay atau sekarang Mumbai. Dia lantas pindah ke Inggris.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda