Baru 2 Bulan Menjabat, Perdana Menteri Kosovo Avdullah Hoti Terinfeksi Covid-19

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 05:32 WIB
Baru 2 Bulan Menjabat, Perdana Menteri Kosovo Avdullah Hoti Terinfeksi Covid-19

Perdana Menteri Kosovo, Avdullah Hoti. (Foto: AFP)

PRISTINA, iNews.id – Perdana Menteri Kosovo, Avdullah Hoti, positif mengidap virus corona baru (Covid-19). Kabar tersebut dia sampaikan pada Minggu (2/8/2020) malam waktu setempat.

Pria itu pun menyatakan akan mengasingkan diri selama dua minggu ke depan. “Hari ini saya menjalani tes untuk Covid-19 dan dinyatakan positif,” ungkap Hoti lewat akun Facebook-nya, yang dikutip AFP, Senin (3/8/2020) dini hari WIB.

Hoti menuturkan, dia telah memulai karantina atau isolasi secara mandiri. Sang perdana menteri akan melakukan tugasnya dari rumah.

“Saya tidak memiliki gejala (penyakit), kecuali batuk yang sangat ringan,” kata Hoti, yang baru saja memegang jabatan kepala pemerintahan Kosovo pada awal Juni lalu.

Seperti wilayah Balkan lainnya, Kosovo telah melaporkan lonjakan infeksi virus corona sejak Juni. Negeri kecil ini adalah salah satu negara termiskin di Eropa dengan infrastruktur medis paling rapuh.

Negara dengan jumlah penduduk 1,8 juta orang tersebut sejauh ini telah mencatat sekitar 249 kematian dan hampir 9.000 kejadian infeksi Covid-19.

Kepala Serikat Pekerja Sektor Kesehatan Kosovo, Blerim Syle, memperingatkan awal bulan ini bahwa negara itu bisa saja menjadi “Kota Wuhan di Balkan”—merujuk pada wilayah China yang paling terdampak oleh wabah virus itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil