Benjamin Netanyahu Dapat Restu Presiden Israel Bentuk Pemerintahan Baru

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 06 April 2021 - 18:43:00 WIB
Benjamin Netanyahu Dapat Restu Presiden Israel Bentuk Pemerintahan Baru
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada Selasa (6/4/2021) ini mendapatkan kesempatan baru untuk melanjutkan kehidupan politiknya. Dia menerima mandat dari Presiden Israel, Reuven Rivlin, untuk membentuk pemerintahan baru.

Netanyahu, pemimpin terlama Israel yang berkuasa secara berturut-turut sejak 2009, sekarang tengah menghadapi tugas berat untuk memecahkan kebuntuan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia harus merekrut sekutu yang memadai di Parlemen Israel (Knesset) agar bisa membangun koalisi pemerintahan.

Reuters melansir, di bawah undang-undang yang berlaku di Israel, Netanyahu memiliki waktu selama 28 hari untuk membentuk pemerintahan baru. Jika setelah rentang waktu itu kabinet belum terbentuk, kesempatan tersebut bisa diperpanjang hingga dua minggu berikutnya. 

Akan tetapi, jika setelah masa perpanjangan itu Netanyahu masih gagal juga membentuk pemerintahan baru, Presiden Rivlin bakal memilih kandidat perdana menteri lain atau meminta parlemen untuk memilih satu orang sebagai kepala pemerintahan berikutnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2