Bentrok Antaretnis Pecah, 31 Orang Tewas

Umaya Khusniah · Sabtu, 16 Juli 2022 - 18:30:00 WIB
Bentrok Antaretnis Pecah, 31 Orang Tewas
Betrok antaretnis di Sudan memakan korban jiwa. (Foto: Reuters)

KHARTOUM, iNews.id - Betrok antaretnis di Sudan memakan korban jiwa. Sebanyak 31 orang tewas dalam perang tersebut. 

Pernyataan dari pemerintah setempat Jumat (15/7/2022) malam melaporkan bentrok terjadi antara kelompok etnis Hausa dan Birta di Provinsi Nil Biru. Bentrok dipicu kasus pembunuhan seorang petani awal pekan ini.

Selain korban tewas, bentrokan juga menyebabkan sedikitnya 39 orang terluka. Sebanyak 16 toko di Kota Roseires juga dirusak massa.

Pemerintah setempat mengerahkan Pasukan Dukungan Cepat militer dan paramiliter (RSF) ke wilayah tersebut untuk menciptakan stabilitas keamanan. Pihak berwenang juga memberlakukan jam malam dan melarang pertemuan di daerah tempat bentrokan terjadi.

Kekerasan itu terjadi di tengah kekacauan di Sudan sejak militer mengambil alih pada Oktober tahun lalu. Kudeta telah menyingkirkan pemerintah transisi yang memerintah negara itu sejak pemberontakan rakyat yang memaksa penggulingan otokrat lama Omar al-Bashir pada April 2019.

Kudeta itu menjungkirbalikkan transisi negara itu ke demokrasi. Selain itu juga menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan para pemimpin militer menciptakan keamanan ke daerah-daerah yang jauh jangkauannya di Sudan. Pada bulan April, bentrokan suku menewaskan lebih dari 200 orang di Darfur yang dilanda perang.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda