Bentrok Antarsuku karena Berebut Danau, 19 Orang Tewas dan 100 Rumah Dibakar

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 16 April 2020 - 07:01 WIB
Bentrok Antarsuku karena Berebut Danau, 19 Orang Tewas dan 100 Rumah Dibakar

Nelayan danau di Nigeria (ilustrasi). (Foto: AFP)

ABUJA, iNews.id - Sedikitnya 19 orang tewas dalam perang antarkelompok etnik di Negara Bagian Taraba, Nigeria. Pertempuran antarsuku itu diduga menyangkut masalah klaim kepemilikan danau nelayan.

Konflik yang meletus pada Senin (13/4/2020) itu melibatkan etnik Shomo dan Jole di Distrik Lau. “Sembilan belas orang dipastikan tewas. Sekitar 100 rumah dibakar dan beberapa orang juga terluka,” ungkap Juru Bicara Kepolisian Negara Bagian Taraba, David Misal, kepada AFP, Rabu (15/4/2020).

Dia mengatakan, permusuhan lama antara suku-suku yang bertetangga atas kepemilikan danau itu telah menelan banyak korban jiwa. Upaya rekonsiliasi antarkelompok etnik itu telah dilakukan pemerintah dan aparat kemanan setempat, namun selalu gagal.

Tak hanya itu, pemerintah bahkan telah melarang penangkapan ikan di danau itu demi menghindari eskalasi konflik. “Namun, beberapa bajingan melanggar larangan itu, hingga memicu bentrokan,” ujar Misal.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, mengutuk keras insiden kekerasan itu dalam sebuah pernyataan yang dia sampaikan Selasa (14/4/2020) malam. Dia menyampaikan duka yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam peristiwa perang suku itu.

“Kekerasan ini tak semestinya terjadi, karena ketidaksepakatan bisa diselesaikan melalui dialog,” ucapnya.

Bentrokan komunal yang dipicu oleh masalah hak atas tanah dan air memang acap kali terjadi di beberapa bagian Nigeria, terutama di kalangan penggembala ternak nomaden dan petani di pusat negara itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil