Bentrok Muslim dan Hindu Buntut Penghinaan Politisi terhadap Nabi Muhammad SAW, 2 Remaja Tewas

Umaya Khusniah · Minggu, 12 Juni 2022 - 10:25:00 WIB
Bentrok Muslim dan Hindu Buntut Penghinaan Politisi terhadap Nabi Muhammad SAW, 2 Remaja Tewas
Dua remaja tewas dalam bentrokan antara umat Hindu dan Muslim di India timur. (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - Dua remaja tewas dalam bentrokan antara umat Hindu dan Muslim di India timur. Bentrok dipicu pernyataan menghina yang dilontarkan dua pejabat partai yang berkuasa terhadap Nabi Muhammad SAW

Polisi pada Sabtu (11/6/2022) mengatakan, bentrok terjadi di Kota Ranchi, negara bagian Jharkhand, Jumat (10/6/2022). Saat itu, untuk membubarkan massa dan aksi kekerasan itu, polisi melepaskan tembakan. Belum diketahui pasti penyebab tewasnya dua remaja tersebut, apakah terkena tembakan polisi atau perusuh.  

Pejabat senior kepolisian, Surendra Kumar Jha mengatakan, setidaknya 14 petugas polisi terluka dalam insiden di Ranchi dan daerah lainnya. 

Akibatnya, jam malam diberlakukan dan layanan Internet ditangguhkan. Tujuannya untuk menghentikan kerusuhan yang terus meningkat.

Di utara Uttar Pradesh, polisi mengaku telah menangkap 230 tersangka perusuh. Sebelumnya, kerusuhan menyebar di beberapa kota setelah salat Jumat.

Muslim India telah memprotes komentar yang dibuat oleh dua pejabat dari Partai Bharatiya Janata (BJP) tentang kehidupan pribadi Nabi. Mereka menggelar aksi demonstrasi yang sering berubah menjadi kekerasan antara Hindu dan Muslim.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda